Visi

“Unggul dan Profesional  di Bidang Pendidikan Bahasa Inggris Berbasis Budaya Melayu pada Skala Nasional 2025”

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga pendidik dan interpreter yang terampil dan professional.
  2. Mengembangkan Riset tentang pembelajaran Bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif sebagai referensi bagi penetapan kebijakan dalam bidang pendidikan.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara professional dalam rangka ikut serta memecahkan masalah-masalah dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris.
  4. Mengembangkan kerja sama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah melalui penguatan jaringan dan kemitraan serta penelitian dan pengabdian masyarakat.

 Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan Interpreter Bahasa Inggris yang baik dan benar berkarakter islami dan berbudaya melayu.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan interaktif dalam bermasyarakat.
  4. Menjadi pusat Riset tentang pembelajaran Bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif sebagai referensi bagi penetapan kebijakan dalam bidang pendidikan.
  5. Mampu menjadi fasilitator dalam menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara professional dalam rangka ikut serta memecahkan masalah-masalah dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris.
  6. Menghasilkan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan  pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Sasaran :

Sasaran  program studi Tadris Bahasa Inggris akan sangat bersinergi dengan tujuan dari program studi Tadris Bahasa Inggris diantaranya adalah :

1.  Tercapainya lulusan yang memiliki Pengetahuan, Keterampilan Interpreter Bahasa Inggris berbasis keislaman dan kemelayuan, sehingga menjadi praktisi, akademisi  yang mampu mengamalkan Al-Quran dan Sunnah serta nilai-nilai kemelayuan pada tahun 2020  unggul diwilayah provinsi Riau.

2.  Terbangunnya kemampuan dosen dalam proses pembelajaran, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing pada tahun 2018.

3.  Terjalinnya kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah dalam pengembangan Tadris Bahasa Inggris pada tahun 2020.

4.  Terwujudnya pusat penelitian yang menunjang pengembangan bidang Tadris Bahasa Inggris berbasis keislaman dan kemelayuan pada tahun 2025 diwilayah Sumatra.

 

Strategi Pencapaian

Pencapaian visi, misi dan tujuan menjadi berhasil jika program studi Tadris Bahasa Inggris mampu merumuskan strategi pencapaian visi, misi dan tujuannya. Dengan pola yang sistematis yakni dengan :

1. Tercapainya lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan Interpreter Bahasa Inggris berbasis keislaman dan kemelayuan, sehingga menjadi Praktisi, Akademisi dan Politisi yang mampu mengamalkan Al-Quran dan Sunnah  serta nilai-nilai kemelayuan pada tahun 2020  unggul diwilayah provinsi Riau yang ditempuh dengan cara:

a.   Menetapkan standar kelulusan dengan kualifikasi kurikulum berstandar KKNI yang terintegrasi dengan nilai-nilai keilmuan islam dan budaya melayu.

b.   Membangun budaya akademik kampus dengan meningkatkan kegiatan seminar, diskusi, workshop, dll.

c.   Menyelenggarakan kompetisi  debat ilmiah mahasiswa.

2.     Terbangunnya kemampuan dosen dalam proses pembelajaran, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing pada tahun 2018 ditempuh dengan strategi:

a.   Peningkatan kualifikasi pendidikan dosen kejenjang Doktoral.

b.   Mengikuti pelatihan, seminar, workshop, simposium dan kajian ilmiah.

c.   Melakukan penelitian ilmiah.

d.   Meningkatkan pengabdian masyarakat berbasis keilmuan Islam dan budaya Melayu.

3.  Terjalinnya kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah dalam pengembangan  Tadris Bahasa Inggris pada tahun 2020 ditempuh dengan strategi:

a.  Menjalin kerja sama dengan PEMDA

b.   Menjalin kerja sama dengan lembaga pemerintah dalam dan luar negeri

c.   Menjalin kerja sama dengan  Lembaga Bahasa Asing ( LBA)

4.  Terwujudnya pusat penelitian yang menunjang pengembangan bidang Tadris Bahasa Inggris berbasis keislaman dan kemelayuan pada tahun 2025 diwilayah Sumatra.

a.   Menggiatkan kegiatan penelitian dosen program studi dengan pendekatan keilmuan keislaman dan budaya melayu.

b.   Mendirikan lembaga pusat kajian keislaman dan kemelayuan (LPK3)

c.   Menyelenggarakan kompetisi dalam penulisan karya ilmiah antar dosen dan mahasiswa.